Rabu, 09 April 2008

MUJIZAT KEDUA TUHAN YESUS

Pdt. Dr. Stephen Tong(John) Yohanes 4:43-54

Kembali ke GalileaDan setelah dua hari itu Yesus berangkat dari sana ke Galilea, sebab Yesus sendiri telah bersaksi,bahwa seorang nabi tidak dihormati di negerinya sendiri. Maka setelah ia tiba di Galilea, orang-orangGalileapun menyambut Dia, karena mereka telah melihat segala sesuatu yang dikerjakanNya di Yerusalempada pesta itu, sebab mereka sendiripun turut ke pesta itu.Yesus menyembuhkan anak pegawai istanaMaka Yesus kembali lagi ke Kana di Galilea, di mana Ia membuat air menjadi anggur. Dan diKapernaum ada seorang pegawai istana, anaknya sedang sakit. Ketika ia mendengar, bahwa Yesus telahdatang dari Yudea ke Galilea, pergilah ia kepadaNya lalu meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkananaknya, sebab anaknya itu hampir mati. Maka kata Yesus kepadanya: "Jika kamu tidak melihat tanda danmujizat, kamu tidak percaya." Pegawai istana itu berkata kepadaNya: "Tuhan, datanglah sebelum anakkumati." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, anakmu hidup!" Orang itu percaya akan perkataan yang dikatakanYesus kepadanya, lalu pergi. Ketika ia masih di tengah jalan hamba-hambanya telah datang kepadanyadengan kabar, bahwa anaknya hidup. Ia bertanya kepada merka pukul berapa anak itu mulai sembuh.Jawab mereka: "Kemarin siang pukul satu demamnya hilang." Maka teringatlah ayah itu, bahwa pada saatitulah Yesus berkata kepadanya: "Anakmu hidup." Lalu iapun percaya, ia dan seluruh keluarganya.Dan itulah tanda kedua yang dibuat Yesus ketika Ia pulang dari Yudea ke Galilea.Di dalam Injil Yohanes pasal 5 diceritakan bahwa Yesus pergi ke Yerusalem. Juga di dalam pasal 3bagian akhir, Yesus berada di Yerusalem. Di antara kedua peristiwa itu, dalam pasal 4, Yesus pergi keSamaria dan Galilea. Galilea adalah sebuah propinsi yang terletak di Utara, sedangkan Yerusalem di Yudeaterletak di Selatan. Samaria adalah daerah yang terletak di antara Galilea dan Yerusalem. Yesus dariYerusalem hendak pergi ke Galilea, berarti ia harus melintasi Samaria. Mengapa Yesus harus pergi keSamaria? Karena ada rencana khusus bagi orang yang membutuhkannya. Jangan mengira bila kita menjadiorang Kristen karena suatu kebetulan, sesuatu yang tidak Tuhan rencanakan. Bagi kita mungkin hal tersebutadalah suatu kebetulan saja karena diajak kebaktian oleh orang lain dan kita merasa sebetulnya menghadirikebaktian tidak terlalu perlu. Bagi Tuhan itu merupakan keharusan. Meskipun harus melanggar situasi dankondisi saat itu, yaitu permusuhan orang Yahudi dan Samaria, Tuhan Yesus harus melintasi Samaria karenarencana Allah melebihi situasi dan kondisi politik. Rencana Allah lebih tinggi dari kesulitan-kesulitanmanusiawi dalam kekuatan sosiologi. Yesus bertemu dengan orang Samaria. Orang Samaria kemudianmengundang Yesus berdiam di tengah mereka selama dua hari. Hanya Yesus yang mempunyai kekuatanuntuk menghilangkan kesulitan dan kebencian. Dengan kehadiran Yesus di tengah mereka maka gossip,sentimen, umpatan, dan segala kesulitan hilang.Tahun 1968 kami mengikuti Kongres Penginjilan Asia Tenggara dan Pasifik Selatan yang diadakandi Singapura. Wakil-wakil dari negara-negara di bawah inisiatif Billy Graham Association membahasmengenai penginjilan. Terjadi kesulitan karena adanya masalah politik antara Indonesia, Malaysia, danFilipina. Indonesia sedang konfrontasi dengan Malaysia mengenai masalah Sabah. Juga ada pertentanganantara Filipina dengan Malaysia. Sampai seorang bernama Max Atiensa bangkit dan berkata, "Hanya cintaMUJIZAT KEDUA TUHAN YESUS2kasih Kristus yang memungkinkan semua orang di bawah pemerintahan negara yang saling bermusuhan bisabertemu tanpa permusuhan." Inilah kekuasaan besar Yesus. Di mana Kristus hadir di sana ada perdamaian.Karena kuasa Kristus melebihi politik, sosial, rasial, dan antar manusia. Kristus adalah Raja Damai. TanpaKristus tidak ada perdamaian yang sesungguhnya. Kristus mendatangkan kepercayaan bukan cuma kepadaperempuan Samaria itu saja, melainkan kepada seluruh orang Samaria. Yohanes 4:42: "Dan mereka berkatakepada perempuan itu: 'Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kau katakan, sebab kami sendiritelah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia.'" Jika seseorang menjadiKristen karena dikenalkan oleh orang lain maka imannya belum cukup berakar. Orang Kristen harusmempunyai pengalaman pribadi dengan Yesus. Mempelajari perkataan Yesus, menerima Firman danmengerti pengajaran Yesus. Di atas dasar ini baru dapat berdiri iman kepercayaan yang kokoh.Setelah dua hari berdiam di sana Yesus pergi ke Galilea. Galilea adalah tempat Yesus dibesarkan.Yesus adalah Anak Allah dalam kekekalan, yang dilahirkan di Betlehem, dibesarkan di Galilea. Galileaadalah tempatNya sendiri. Tetapi di dalam Yohanes 1:11 dikatakan: "Ia datang kepada milikkepunyaanNya, tetapi orang-orang kepunyaanNya itu tidak menerimaNya." Yesus datang ke tempatNyasendiri tetapi tidak diterima. Bila kita bersaksi di tempat yang orang-orangnya tidak mengenal kita, kitaakan disambut dengan baik. Tetapi bersaksi di tempat sendiri tidak akan gampang diterima. Seorangpendeta setelah berkhotbah di suatu tempat diundang untuk mendoakan sebuah keluarga. Setelah berdoa,tuan rumah menanyakan asal-usulnya. Ternyata dia mengenal baik pendeta itu sejak kecil, tempattinggalnya, dan kenakalannya. Pendeta itu sekarang seolah kehilangan kuasanya. Bersaksi di tengahkeluarga tidak gampang. Nabi tidak dihormati di negeri asalnya.Yesus kembali ke Galilea dan disambut. Apa artinya? Kita harus, walaupun sulit, untuk bersaksidan diterima orang di tempat sendiri. Kita harus berusaha tidak kehilangan kesaksian di tempat sendiri. Apaguna pergi bersaksi ke mana-mana tetapi keluarga kita tidak bisa melihat kemuliaan Tuhan, daerahlingkungan kita tidak bisa melihat iman yang sesungguhnya dari hidup kita?Yesus pergi ke Galilea, dan ternyata di sana disambut. Karena orang Galilea sudah mendengartentang Yesus di Yerusalem. Mereka mengenal Yesus bukan di daerah sendiri tetapi di seberang sana.Orang Galilea pergi ke Yerusalem, melihat imam-imam di Bait Allah dengan jubah luar biasa dankewibawaan mereka. Tetapi di sana mereka baru sadar bahwa Yesus mempunyai kuasa yang lebih besardari pemimpin-pemimpin agama tersebut. Saudara, sadarkah engkau akan pusat dari makna kehadiranYesus atau selama ini hanya meraba jubah luarNya tetapi tidak mengerti hatiNya?Setelah kabar itu menyebar di Galilea, baru mereka menyambut Yesus. Betapa sulitnya manusiamembuka hati untuk Kristus. Berapa lama engkau menutup pintu untuk Kristus? Sampai suatu saat melaluiperistiwa khusus mulai berpikir untuk membuka hati bagi YesusÿKristus? Banyak orang bersaksi betapamereka dahulu menutup pintu.Pada nats pagi ini ada seorang pegawai istana, yang dalam terjemahan lain disebut NOBLE MAN,seorang pembesar yang mempunyai kekuasaan dan sangat dihormati. Dia datang dari Kapernaum,sedangkan Yesus berada di Kana. Jarak geografi antara kedua tempat ini tidak terlalu jauh. Dengan berjalankaki jarak dari Kana ke Kapernaum bisa dicapai dalam lima jam saja. Tetapi mengapa ayat-ayat selanjutnyamencatat ia bertemu hambanya setelah lewat satu hari? Apakah dia kesasar? Jelas tidak. Setelah percaya,ia melakukan suatu pekerjaan lain.Ia datang kepada Yesus karena ada laporan mengenai kuasa Yesus yang melakukan mujizat, tandatandayang besar. Pasal 2 mencatat Yesus melakukan mujizat pertama. Pasal 4 bagian akhir mencatatmujizat kedua. Keduanya dilakukan di tempat Yesus sendiri, di Kana. Anak yang disembuhkan ada diKapernaum, tetapi ketika Yesus mengatakan, "Anakmu hidup," Dia berada di Kana. Di tempat sendiriYesus menunjukkan bahwa Ia adalah Allah.MUJIZAT KEDUA TUHAN YESUS3Pegawai istana mempunyai pengharapan: "Tuhan, sembuhkan anakku, datanglah ke rumahku." Disini menunjukkan konsep iman yang tidak beres. Kalau Yesus datang ke rumahnya maka baru ada kuasa ditempat itu. Bila Yesus tidak datang maka tidak ada kuasa untuk kesembuhan. Demikian juga konsepbanyak orang sekarang. Datang ke gunung, maka akan lebih dekat dengan Tuhan, bila tidak maka tidak adakuasa. Yesus dalam pasal 4 mengatakan kita harus menyembah Tuhan bukan di gunung itu atau ini tetapi didalam roh dan kebenaran. Karena Allah adalah Mahakuasa dan Mahahadir. Datang berdoa ke tempatkhusus itu baik untuk melepaskan diri dari kesibukan. Tetapi ajaran bahwa berdoa itu harus ke gerejatertentu, gunung tertentu, atau negara tertentu baru Tuhan akan mendengar doa kita, itu bukan kebenaran.Guru Nanak adalah pendiri agama Sikhisme di India dipandang sebagai orang yang menerimawahyu dari Allah. Ini suatu bahaya. Setiap orang yang menganggap di luar Alkitab masih ada wahyu,mereka sudah menyeleweng dan ditipu oleh iblis. Dan ini sudah terbukti. Kata GURU di sini berasal dariagama Hindu, dalam bahasa Ibrani RABBI. Pengertian guru di sini lebih dalam dari sekedar guru sekolah.Guru di sini mempunyai wibawa untuk memberikan ajaran seolah-olah ia menerima sesuatu yang bisamemberikan pencerahan kepada orang lain. Ada 10 guru Sikhisme yang menerima wahyu dan setelah ituwahyu berhenti. Sepuluh guru ini mewakili 10 generasi, yang diturunkan bukan dari pernikahan, tetapiditurunkan kepada murid. Guru yang pertama adalah Guru Nanak. Ia dilahirkan dari keluarga yangberagama Hindu, dan ketika besar pernah mendapat ajaran Islam. Konsep Tuhan yang politeisme dariHindu dan Allah yang monoteisme dari Islam menimbulkan konflik di dalam pikirannya. Dia lebih condonguntuk menyembah Allah satu-satunya dan yang tertinggi, Allah yang monoteisme, maka ia pergi ke Mekahdari India dengan berjalan kaki. Melintasi padang pasir tanpa uang dan persediaan apa pun demi mencariTuhan. Ada orang rela berjalan kaki untuk membereskan pikiran agamanya. Orang Kristen sekarang terlalusantai dalam sikap ibadahnya. Sampai di Mekah, ia tertidur di depan Kaabah. Sampai satu saat ia ditendangoleh seorang alim ulama, "Mengapa engkau membelakangi Allah?" Guru Nanak menjawab dengan suatukalimat yang bijaksana, "Tolong katakan di mana ada sudut yang tidak ada Allah, sehingga saya bolehmenempatkan belakang saya." Tuhan tidak terikat oleh tempat. Kenapa orang Kristen tidak menyembahbarang suci, tidak menganggap satu hal lebih suci dari yang lain? Karena kita percaya Allah itu tidakterbatas oleh dimensi ruang, di mana saja Ia bisa menguduskan manusia.Yesus mengatakan, "Apa yang kau perlu?" "Datang ke rumahku, berdoa supaya anakku tidak mati."Ia seorang pembesar, tetapi ia sendiri mau datang menghadap Tuhan Yesus. Bisa saja ia mengutus oranglain untuk menyampaikan pesan, tetapi itu tidak dilakukannya. Ia datang sendiri kepada Yesus, menyatakankerendahan hati dan kebutuhannya yang penting.Seorang kaya datang kepada Yesus, tetapi Yesus tidak membedakan antara orang kaya denganorang miskin. Justru pada saat orang penting ini datang kepada Yesus, Yesus tidak pergi. Banyak kalikegagalan gereja terjadi karena terlalu banyak melihat orang sehingga tidak bisa melihat Allah dengan jelas.Dalam kesulitan kita berpikir orang kaya, berkuasa politik akan menolong kita, mengapa? Karena iman kitamasih bercabang. Kita tidak mengkonsentrasikan kepada Yesus Kristus tetapi mengkonsentrasikan kepadayang dikonsentrasikan oleh dunia. Saya harap kita dapat membentuk generasi yang berpandangan jernih,motivasi suci, keadilan yang tidak memandang bulu, menerima orang kaya dan miskin. Kita belajarmenerapkan keadilan Allah. Alkitab mengatakan kepada kita untuk tidak membela orang miskin, berartibila orang itu salah, tidak bisa kita abaikan. Tetapi ada kesucian dan keadilan Allah bagi mereka. Janganbela orang kaya saja, karena mereka pun di hadapan Tuhan perlu pertobatan. Dengan demikian kitamemiliki cinta kasih kepada sesama yang tidak berbeda. Jangan pikir kalau kehidupan orang kaya sudahberes. Ada kesulitan dalam keluarga mereka, yang mungkin perlu juga kita bawa dalam doa. Contohnyapegawai istana ini yang dengan kekayaan berlimpah tidak dapat menyembuhkan anaknya. Orang yang kitaidolakanpun mempunyai air mata sendiri. Peribahasa Tionghoa mengatakan: Di bawah setiap atap adatangisan yang tidak dimengerti oleh orang lain. Setiap keluarga mempunyai kesulitan yang ditanggungsendiri. Pegawai istana yang kaya dan tinggi kedudukannya ini mempunyai kesulitan dan datang kepadaMUJIZAT KEDUA TUHAN YESUS4Yesus. Ia meminta Yesus datang ke rumahnya. Tetapi Yesus mengatakan, "Jika kamu tidak melihat tandamujizat maka kamu tidak percaya." Di sini Yesus mau mengajarkan bahwa iman seharusnya tidakberdasarkan hanya karena mujizat. Yesus melakukan mujizat? Ya, membuktikan Dia adalah Allah. TetapiYesus juga tidak menggunakan hal ini sebagai kesempatan untuk memamerkan diri dan kuasaNya. Diatidak mau kita beriman hanya karena mujizat. Bila tidak melihat tanda, tidak percaya.Pegawai itu tetap berkata, "Datanglah sebelum anakku mati." Ia tidak menangkap maksud Yesus,dia hanya mementingkan apa yang dia perlukan. Waktu kita datang kepada Tuhan jangan doa kita hanyaONE WAY TRAFFIC. Inilah kelemahan doa orang Kristen pada umumnya. Kita mau Tuhan dengar kita,tetapi tidak mau dengar Tuhan. Doa yang hangat dan giat jika hanya ONE WAY TRAFFIC adalah doayang tidak sempurna. Alangkah indah doa kepada Tuhan dengan prinsip-prinsip yang Tuhan ajarkan kepadakita. Prinsip-prinsip dari firman, wahyu Tuhan harus ditegakkan kembali. Presiden Amerika Serikat John F.Kennedy mengatakan, "Jangan tanya apa yang negara bisa perbuat bagimu tetapi tanyakan dirimu apa yangbisa kau perbuat bagi negara." Setiap kali saya tiba di suatu negara saya bertanya berkat apa yang bisa sayabagikan kepada negara ini. jika dunia berpikir menurut prinsip Alkitab, dunia akan cepat damai. Tetapibetapa sering orang memikirkan berkat Tuhan untuk diri sendiri, tidak perduli orang lain mati sekalipun.Semangat ini adalah semangat yang bertentangan dengan Kekristenan. Seharusnya pegawai ini menjadisadar, "Kalau demikian bagaimana saya harus membangun iman?" Tetapi orang itu terus meminta Yesusdatang ke rumahnya. Yesus tidak langsung menegur. Jangan terlalu cepat berbicara dan mengkoreksi oranglain, karena justru bisa merusak segalanya. Jadi orang yang cepat mendengar tetapi lambat untuk berbicara.Prinsip khotbah yang baik menurut saya adalah: Pikir sedalam mungkin, bicara sesederhana mungkin. Pikirsebanyak mungkin, bicara sesedikit mungkin. Tuhan Yesus tidak cepat mengoreksi. Dia tidak mengatakankalimat terlalu banyak. Tetapi setiap kalimat yang Ia katakan adalah kalimat yang diperlukan oleh setiapmanusia. Perkataan Yesus tidak muluk-muluk tetapi tidak ada kalimat yang salah/berdosa. Yesus tidakpernah mengatakan, "I am sorry." Dalam diriNya tidak ada cacat dan kesalahan. Ia adalah Allah yangmenjadi manusia, kudus, Oknum yang tidak bercacat cela. Contoh Yesus selalu memberikan inspirasi,bijaksana bagi kita yang melayani Allah.Sekarang Yesus mengatakan, "Pergilah, anakmu hidup." Baru pegawai ini sadar. Ia tidak lagiberdebat tetapi langsung pergi, karena sudah percaya. Ada tahap-tahap percaya yang dilewati seseorang.Ia datang kepada Yesus. Apa yang mendorongnya? Dia mendengar laporan bahwa Yesusmempunyai kuasa untuk menyembuhkan. Maka ia datang. Tetapi ini belum membuktikan kepercayaanyang benar. Ini hanya curiosity, pengharapan. Dengar laporan ditambah ambisi diri, belum menjadi iman.Seperti orang yang membeli lotre. Melihat fakta orang lain ada yang dapat, ditambah ambisi mungkin sayajuga dapat. Ini adalah iman atas lotre tersebut ditambah pengharapan. Kenapa dia datang? Ada orang laindisembuhkan, sekarang anakku perlu. Yesus ada di sini, bisa disembuhkan seperti diatur/dipimpin Tuhan.Orang datang dan disembuhkan belum menunjukkan adanya iman yang sejati. Dalam kebaktiankebaktianorang datang berjubel untuk mendapat kesembuhan. Jangan kira itu sudah beriman. Kitasimpati/mengerti kebutuhan mereka tetapi mereka belum beriman sejati.Yesus mengatakan, "Pergilah, anakmu hidup." Ini adalah janji. JANJI menjadi PANGKALANIMAN. Iman tanpa didasarkan janji Tuhan adalah iman yang limbung, seperti layangan. Tetapi janji Tuhanadalah tali yang kecil yang mengikat layangan. Iman adalah tangan kita yang kelihatan memegang tanganAllah yang tidak kelihatan. Jangan kita hanya melihat segala sesuatu seperti yang kita mau. Tetapi apayang Tuhan janjikan, meskipun belum tiba sudah menjadi pangkalan iman kita. Bila pangkalan iman bukanjanji Tuhan, itu hanya ambisi saja, maka kosong belaka. Bila pangkalan iman adalah janji Tuhan meskibelum kelihatan tidak perlu kuatir, pasti akan terbukti. Hati-hati membedakan iman yang hanya ambisipribadi dengan iman yang berdasarkan janji Tuhan. Francis Schaeffer menulis buku yang menjadipeperangan di antara kaum intelektual He Is There and He is Not Silent, Allah itu ada dan tidak tinggalMUJIZAT KEDUA TUHAN YESUS5diam. Ia tetap hidup sampai sekarang dan masih melakukan pekerjaanNya menurut rencanaNya. Allahtidak pernah mengantuk dan tertidur. Tangan kita memegang tangan yang tidak terlihat. Orang dunia tidakmelihat tetapi kita bisa melihat.Kalimat Yesus dipercaya oleh pembesar itu menunjukkan kenaikan tahap imannya. Tadinya iameraba-raba, sekarang mendapat janji. Ia katakan, "Nanti anakku mati." Tetapi Yesus mengatakan,"Anakmu hidup." Yesus menolak pergi ke rumahnya tetapi memberikan kuasa yang menyatakan keilahianKristus.Keesokan harinya baru pejabat itu bertemu dengan hambanya yang melaporkan anaknya sekarangsudah sembuh. Tetapi ia masih menuntut keterangan tentang kapan sembuhnya? "Kemarin siang pukul satudemamnya hilang." Itulah moment ketika Yesus mengatakan bahwa anaknya hidup. Di sinilah nyatakemahatahuan, kemahakuasaan, dana kemahaadaan Allah. Jangan mengikat Tuhan dengan konsep kita yangterbatas dan bodoh. Biarlah iman kita diperluas oleh pengertian mengenai Allah melalui wahyuNya.Berdoa, mendekati, dan menikmati pergaulan dengan Allah di dalam kelepasan. Dan imannya mulaibertumbuh. Jangan salahkan orang yang beriman dangkal. Karena pada permulaan pasti ada ketidakberesandan kurang murni. Tanyakan kepada Petrus kenapa mula-mula ia mengikut Kristus? Tanyakan pada Yudas,Andreas, Yakobus. Mereka mula-mula mempunyai konsep bahwa Yesus adalah Mesias yang akan menjadiRaja dunia, dan mereka akan menjadi orang-orang yang berkedudukan penting di sekeliling Kristus nanti.Iman mereka mula-mula masih diwarnai dengan ambisi pribadi. Tetapi melalui pendidikan iman yang ketatdan murni semua akan dibereskan.Iman pegawai itu pertama adalah iman yang berambisi untuk diri sendiri. Tetapi imannya kiniadalah iman yang melihat Yesus sebagai yang Mahakuasa, Mahahadir, dan Mahatahu.Yohanes 4:54, "Dan itulah tanda kedua yang dibuat Yesus ketika Ia pulang dari Yudea ke Galilea.Tanda yang pertama di dalam sebuah perjamuan, tanda kedua di tengah jalan. Tanda pertama Yesusmengubah air menjadi anggur, tanda kedua Yesus lakukan hanya dengan perkataan saja. Kuasa dan firmantidak dapat dipisahkan. Dengan demikian gereja tidak mungkin gagal. Orang Kristen yang tidakmemisahkan kuasa dan firman akan menjadi orang yang sukses, yang tidak mungkin dijatuhkan oleh setan.1. Perkataan Allah adalah cetusan kehendak Allah.2. Kuasa Allah adalah penggenapan kehendak Allah.Ada orang menjadi Kristen karena disembuhkan, melalui mimpi, dibawa oleh orang lain, melaluifilm, membaca Alkitab, mendengar dan melihat kesaksian orang lain yang sungguh diubah hidupnya.Keluarga saya pernah mengalami suatu kejadian seperti Yohanes 4 ini. Ketika kakak saya berumur 3 tahun(waktu itu saya berumur 1 tahun) ia menderita sakit panas dan tidak turun-turun panasnya dalam 27 hari.Sebenarnya keluarga kami mengenal ilmu kedokteran dan mempunyai toko obat, salah satu yang terbesar dikota Amoy, dan kakek adalah sinshe yang terkenal.Ada seorang nenek yang cerewet, sering datang ke rumah untuk mengajak ibu saya ke gereja. Ibusaya hanya mengiyakan tetapi tidak pernah hadir. Tetapi nenek itu terus mengajak sehingga akhirnya ibusaya dengan tegas menolak dan mengusir nenek itu.Ibu saya sudah putus asa. Pergi ke klenteng dan mendapat jawaban: "Sediakan 48 meja hidanganuntuk para dewa, maka anak itu sembuh." Ibu saya menjadi kecewa total. Saat itu nenek itu datang lagi,dan minta ijin agar boleh mendoakan. Dalam keadaan kepepet setiap orang mencari segala kemungkinan.Inilah pekerjaan Roh Kudus, walau sudah diusir masih mau datang lagi. Sehingga ibu saya terharu sekali.Nenek itu berdoa, dan doanya panjang. Setelah itu ia berkata, "Saya serahkan anak ini kepada Tuhan.Orang Kristen mempunyai hak untuk meminta kesembuhan, tetapi apakah setiap penyakit Tuhansembuhkan? Kalau demikian tidak mungkin ada orang Kristen mati karena penyakit.MUJIZAT KEDUA TUHAN YESUS6Setelah beberapa jam nenek itu pulang, kakak saya sembuh. Sejak itu ayah saya mau pergi kegereja. Dia adalah seorang direktur jenderal, seorang pemimpin perkumpulan penyair, seorang yang kakuyang mempelajari Konfusius. Kami ke sekolah minggu dan belajar menyanyikan "Yesus kasih kepadaku,Alkitab mengatakan itu".Saya tidak mungkin bertemu nenek itu sekarang tetapi di surga pasti ketemu. Jasa nenek itumungkin lebih besar dari pendeta-pendeta. Melalui dia sebuah keluarga menjadi Kristen dan 5 anak lakilakinyamenjadi pendeta. Ini adalah catatan dalam sejarah kekristenan di Tiongkok. Nenek itu telahmelakukan pekerjaan yang indah.

Tidak ada komentar: